Peran Metode Komunikasi Saat Sampaikan Pesan
Metode komunikasi memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan. Metode komunikasi membantu penerima pesan memahami apa yang disampaikan pengirim pesan. Ulasan ini didasarkan pada pengalaman empiris dan bukan teoritis, sehingga bisa berbeda dengan kanian teoritis.
Seorang bawahan, saat diminta paparan di depan pimpinan haruslah memahami karakter pimpinan. Langkah yang dapat dilakukan, pertama, Mempelajari kebiasaan dan kesukaan pimpinan dalam menerima substansi yang dipaparkan. Kebiasaan pimpina dapat diperoleh dari pengamatan langsung atau dari orang lain yang sering berinteraksi dengan pimpinan. Tidak ada salahnya, Meminta saran atau pendapat dari orang tersebut, bagaimana sebaiknya teknik komunikasi yang saya bawakan.
Kedua, identifikasi orang-orang disekitar pimpinan yang teknik komunikasinya disukai pimpinan. Amati orang bagaimana teknik komunikasi orang tersebut. Bagaimana intonasi, suara, gerakan saat berkomunikasi dengan pimpinan. Bagaimana teknik komunimasi ketika menjawab pertanyaan pimpinan.
Ketiga, menguasai pesan atau substansi bersifat mutlak si pemapar. Semalam sebelum paparan dapat dibaca ulang agar alam pemaparan berjalan lancar.
Keempat, berpiki positif. Pemapar harus berpikir "besok pagi paparanku lancar, segala sesuatnya akan baik-baik saja". Sambil berpikir, membayangkan susana rapat dengan pimpinan nyaman, enak, santai, dan penuh kehangatan.
Kelima, berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Setelah berikhtiar pada hari-hari sebelumnya, saatnya tiba, perlu memanjatkan Doa. Bagi yang muslim dapat membaca doa," Rabbish shrokhli shodri wayashirli amri wahlul ukhdatan min lisani yaf khohu qaili".
Demikianlah sekilas tip menghadapi pimpinan. Semoga bermanfaat
Komentar